Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu
: Dr. Indah Martati, SE., MM
Bimbingan Belajar
“CERIA”
(CERdas
Itu sAya)
Disusun oleh :
Salmi 13652018
Jurusan Administrasi Bisnis
Program Studi S1 Terapan Manajemen Pemasaran
Politeknik Negeri Samarinda
2016
ANALISIS
ASPEK PASAR
“CERIA”
Proyek ini merupakan sebuah usaha
yang bergerak di bidang pendidikan dalam bentuk lembaga bimbingan belajar
(Bimbel) dan kami beri nama “CERIA” atau “Cerdas Itu Saya”. Bimbingan belajar ini dibuka untuk
para pelajar SD, SMP dan di peruntukkan pula bagi pelajar SMA yang hendak menghadapi
UAN (Ujian akhir Nasional) serta bagi pelajar SMA yang juga ingin memasuki
ujian seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dalam bimbingan belajar ini
pelajar mendapatkan modul yang telah disediakan, selain itu bimbingan belajar
ini juga memberikan fasilitas yang membuat para pelajar nyaman selama kegiatan
belajar mengajar berlangsung yaitu kami memberikan
sedikit permainan ditengah – tengah pelajaran jika para pelajar telah merasakan bosan. Tenaga pengajar yang disediakan juga
masih berusia muda dan bersertifikat sebagai tenaga pengajar profesional, hal
ini dilakukan agar para pelajar dengan pengajar dapat mengakrabkan diri dengan
mudah dan tanpa ada rasa sungkan, karena kami ingin menjadikan tempat bimbingan
belajar ini layaknya rumah bagi para pelajar.
Adapun program yang ditawarkan adalah:
Adapun program yang ditawarkan adalah:
No
|
MATA
PELAJARAN
|
||
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
|
Kelas
1- 6
|
Kelas
1-3
|
Kelas
1-3
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Matematika
IPA
IPS
Bahasa
Indonesia
Bahasa
Inggris
|
Matematika
Bahasa
Indonesia
Bahasa
Inggris
IPA
IPS
|
Matematika
Bahasa
Indonesia
Bahasa
Inggris
IPA
IPS
Pembahasan
soal soal Try Out (kelas 3)
Pelatihan
ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) (kelas 3)
|
Biaya
|
Rp.
1.000.000/bulan
|
Rp
1.000.000/bulan
|
Rp.
1.000.000/bulan*
|
·
Khusus kelas 3 untuk pembahasan soal Try Out dan Ujian PTN
dikenakan biaya tambahan Rp 200.000 jadi 1 paket (MTK, IPA, IPS, Bhs. Indonesia
dan bhs. Inggris) + pembahasan soal Try Out dan Ujian PTN adalah sebesar Rp
1.200.000,-
·
Biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000 untuk SD, SMP, SMA
Kami
memilih sebuah gedung sebagai lokasi proyek, gedung ini milik pribadi yaitu di
jalan cipto mangunkusomo kelurahan Harapan baru kecamatan Loa janan ilir yang
berdekatan dengan jalan raya. Karena menurut kami, gedung tersebut adalah
tempat strategis yang banyak di lalui oleh masyarakat terutama daerah ruko ini
dekat dengan minimarket, serta sekolah.
Jadwal Bimbingan
Belajar
SD : Pagi 8.30-10.00
Siang 13.30-14.30
SMP : Siang 14.30-17.30
SD : Pagi 8.30-10.00
Siang 13.30-14.30
SMP : Siang 14.30-17.30
SMA : Siang 14.30-19.00
Pertemuan dilaksnakan secara seminggu penuh dengan pembayaran sistem per bulan.
Pertemuan dilaksnakan secara seminggu penuh dengan pembayaran sistem per bulan.
A.
BESAR LUAS PASAR
Berdasakan data sekunder yang kami
dapat dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Samarinda bahwa jumlah siswa/i
yang bersekolah di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK untuk wilayah kota samarinda yaitu sekitar 146.814
jiwa. Kami memilih lokasi di jalan Cipto Mangunkusumo kelurahan
Harapan baru kecamatan Loa janan ilir Kota Samarinda dan kami berasumsi bahwa sebagian siswa/i
yang berada di kecamatan tersebut adalah sekitar 13.344 jiwa. Berikut adalah
rincian data:
Rincian data jumlah Siswa/i seluruh Kota Samarinda :
Tingkat
Sekolah
|
Jumlah
Siswa/i
|
SD/MI
|
89.708
jiwa
|
SMP/MTs
|
35.108
jiwa
|
SMA/MA/SMK
|
21.998
jiwa
|
Jumlah
|
146.814
jiwa
|
Sumber data : Dapodik Disdik Prov. Kaltim juni 2014
Rincian data jumlah Siswa/i untuk
kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda
Tingkat
Sekolah
|
Jumlah
Siswa/i
|
SD/MI
|
5.202 jiwa
|
SMP/MTs
|
3.622 jiwa
|
SMA/MA/SMK
|
4.520 jiwa
|
Jumlah
|
13.344
jiwa
|
Sumber data : referensi data
kemdikbud kec. Loa Janan Ilir
Luas pasar kami adalah semua gender
baik siswa laki laki maupun perempuan yang berjumlah 13.344 jiwa dari total
keseluruhan siswa/i di kota samarinda yang sebanyak 146.814 jiwa
Kemudian data sekunder berupa jumlah
sekolah yang ada di kota samarinda yang kami dapat dari Dinas Pendidikan Dan
Kebudayaan Kota Samarinda adalah sebagai berikut :
Tingkat
Sekolah
|
Jumlah
sekolah
|
SD/MI
|
246
|
SMP/MTs
|
113
|
SMA/MA/SMK
|
103
|
Jumlah
|
462
|
Sumber data : Kab/Kota hasil
Verifikasi Dapodik 16-18 Mei 2014
B.
PERSAINGAN
ANTAR PRODUSEN
Persaingan antar produsen
dapat terjadi bilamana produsen bersaing untuk mendapatkan konsumen sebanyak –
banyaknya, menawarkan produk dengan harga yang rendah dan kualitas yang baik
daripada pesaingnya maka ia akan berpeluang lebih besar mendapatkan konsumen
lebih banyak. Dalam prakteknya tidak hanya factor harga dan kualitas saja yang
bersaing melainkan juga dari segi promosi, kemasan produk dan pelayanan yang
diberikan kepada konsumen.
Persaingan juga muncul pada para produsen yang
memiliki jenis usaha yang sama atau sejenis dan memiliki target market
yang sama, yang juga sudah
berdiri lebih dahulu dan dikenal oleh Konsumen. Dalam hal ini kami menyadari
bahwa untuk menjadi market leader di dalam usaha bimbingan belajar maka kami
harus menerapkan strategi yang berbeda dari para pesaing kami yang memiliki
usaha sejenis yaitu dengan menerapkan suasana kelas yang kondusif,
kekeluargaan, menyiapkan tenaga kerja yang professional
di bidangnya yang berusia muda agar hubungan pelajar dan pengajar tidak ada
jarak yang menjadikan pelajar sungkan untuk bertanya tentang pelajaran yang
disampaikan serta memberikan harga
bersaing sesuai dengan kualitas jasa yang kami berikan.
ANALISIS ASPEK TEKNIK PELAYANAN
“CERIA”
Perencanaan letak jasa bimbel Ceria
ini adalah di ruko yang berukuran cukup luas memiliki 2 lantai. Dan mempunyai 3
ruang belajar yaitu 1 ruang kelas untuk tingkat pelajar SD, 1 ruang kelas untuk
tingkat pelajar SMP, dan 1 ruang kelas untuk tingkat pelajar SMA, 1 ruangan
pengajar, 1 ruangan Pimpinan. 1 ruangan admin dan keuangan, dan 1 ruangan HRD. setiap kelasnya mampu menampung hingga
24 siswa, maka keseluruhan kelas dapat menampung 72 siswa. Dalam usaha
ini kami tidak menyediakan fasilitas yang mewah, tetapi kami menyediakan
pengajaran yang berkualitas. Dalam pelaksanaannya, kegiatan bimbingan
belajar ini akan mendekatkan antara pelajar dengan pengajarnya. Agar terjalin
komunikasi yang baik dan keharmonisan. Ada beberapa hal kunci sukses kami dalam
menjaga keloyalitasan customer, yaitu;
1.
Konsisten
dalam melayani siswa.
2.
Kemampuan
dan keterampilan petugas serta keramahan dan kepercayaan.
3.
Kesigapan
dalam menyelesaikan masalah.
4.
Suasana
belajar yang nyaman dan tidak membosankan.
5.
Mudah
dimengerti, mudah dipahami, dan pemahaman terhadap keinginan konsumen.
Dengan
menempatkan tenaga pengajar yang professional, diharapkan dapat memberikan
materi yang menunjang kemampuan siswa didik.
Dengan menerapkan penilaian pada dimensi – dimensi kualitas tersebut di atas, maka diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya:
1.
Hubungan
antara perusahaan dan para pelanggannya menjadi harmonis.
2.
Dapat
mendorong terciptanya loyalitas pelanggan.
3.
Membentuk
suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan.
4.
Image
perusahaan menjadi baik di mata pelanggan.
5.
Laba
yang diperoleh dapat meningkat.
STRATEGI
YANG DI TERAPKAN SERTA RENCANA KUALITAS
·
Kualitas dari jasa ini dapat menjadikan anak-anak yang
cerdas, serta berprestasi, dan mempunyai daya saing yang unggul.
·
Mengenali
karakteristik serta kemampuan peserta didik
·
Menentukan
metode yang sesuai bagi peserta didik
·
Melaksanakan
tes secara berkala
·
Analisis
perkembangan siswa setiap minggunya
·
Mengevaluasi
dengan meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran
TEKNOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN
BESERTA FUNGSINYA
a) Laptop dan projector (LCD) : sebagai media pembelajaran
b) Telepon : sebagai sarana komunikasi
c) AC :
sebagai penyejuk ruangan kelas
d) Papan tulis : sebagai media pembelajaran
e) Sound system : sebagai media pembelajaran
PERENCANAAN KAPASITAS OPTIMAL
Dalam proses produksi pengawasan
dilakukan melalui :
·
Pengawasan Karyawan
Pengawasan
terhadap karyawan penting dilakukan untuk mengetahui keseriusan karyawan dalam
menjalankan tugas-tugasnya dan melalui proses pengawasan dapat dilihat
perkembangan produktivitas kerja mereka.
ANALISIS
ASPEK YUDIRIS
“CERIA”
Aspek yudiris
ini berguna sebagai bukti bahwa usaha yang kami jalankan memiliki dasar hukum yang jelas dan dengan
hal ini kami juga dapat dengan mudah melakukan kerjasama dengan berbagai
instansi karena legal keberadaannya. Untuk tahap pertama kami membuat ijin
dengan melapor kepada ketua RT setempat untuk mengurus Surat Ijin
Gangguan Lingkungan, setelah surat ijin gangguan lingkungan selesai, maka
dengan pertimbangan efektif, efisiensi, dan tepat guna maka kami menggunakan
jasa notaris untuk melegalkan usaha kami yang meliputi pengurusan NPWP, TDP,
SIUP, menyiapkan fotocopy sertifikat tanah dan IMB, fotocopy PBB terakhir dan
fotocopy KTP pemohon.
ANALISIS
ASPEK PEMASARAN
“CERIA”
SEGMENTASI, TARGETING, DAN
POSITIONING
Segmentation : Siswa (Perempuan
maupun Laki – laki) yang bersekolah
Targetting : Siswa (SD, SMP,
SMA)
Positioning : Jasa saya
memiliki keunggulan posisi di pasar karena memiliki perbedaan dengan produk lainnya. Selain belum ada yang
mendirikan di daerah tersebut tetapi juga pelajaran yang dikeluarkan oleh
bimbel ini sangat lengkap.
ANALISIS
PERSAINGAN
Identifikasi
Pesaing:
-
Belum
ada pesaing untuk jenis usaha bimbel di daerah tersebut.
Strategi Pesaing:
-
memberikan brosur pada anak - anak
sekolah, melakukan kunjungan, serta dilakukannya training - training.
KEUNGGULAN KOMPETITIF
(POSITIONING)
Sesuai
dengan target pasar kami,yaitu siswa maupun siswi SD, SMP dan SMA, kami
mengutamakan keahlian tenaga pengajar, kenyamanan tempat usaha, keramahan
karyawan, consumer relationship yang baik (mengerti apa yang diinginkan
konsumen) dengan harga yang pantas bagi kalangan menengah ke atas maupun
kalangan menegah ke bawah yang tidak membuat mereka keberatan dengan biaya yang
harus dikeluarkan sesuai dengan kualitas usaha kami baik dari segi pelayanan
maupun produk kami.
LOYALITAS
PELANGGAN
Usaha
bimbel merupakan bentuk usaha yang cukup sulit untuk mempertahankan loyalitas
pelanggannya. Hal ini disebabkan adanya kemungkinan pelanggan yang mudah bosan
dengan cara belajar. Oleh karena itu, kami menawarkan kepada peserta bimbel
simulasi ujian masuk PTN bagi semua siswa SMA secara gratis dan akan ada door
prize bagi siswa yang beruntung di terima masuk Perguruan Tinggi favorite
maupun yang berhasil mendapatkan peringkat 1 di sekolah. Dengan adanya door
prize di harapkan makin banyak siswa yang termotivasi dan ingin terus bersaing
dalam hal prestasi.
SIKAP,
PERILAKU, dan KEPUASAN KONSUMEN
Sikap, perilaku, dan kepuasan
konsumen lebih dipengaruhi oleh layanan, price list bimbel, fasilitas dan staff
pengajarnya. Oleh karena itu, saya selaku pelaku usaha harus memperhatikan
unsur - unsur yang mempengaruhi kepuasan konsumen tersebut agar konsumen bisa
menjadi pelanggan tetap.
Manajemen Pemasaran
Dalam manajemen pemasaran kita harus
menerapkan marketing mix terhadap usaha yang kita jalankan. Penerapan marketing
mix itu antara lain:
1. Staff
pengajar yang mengajar harus berkualitas.
2. Harga yang
ditawarkan terhadap para customer harus terjangkau oleh semua kalangan yang ada
di wilayah sekitar tersebut.
3. Memberikan
diskon apabila membayar bimbel dengan cara cash di awal ketika sebelum
masuk.yakni 5%.
4. Kami akan
mengedarkan brosurt untuk mempromosikan jasa bimbel ini.
ANALISIS
ASPEK MANAJEMEN DAN SDM
“CERIA”
A. Pembangunan Proyek
Jadwal pembangunan usaha bimbel Bina Kreasi ini dilakukan oleh pemilik usaha.
Untuk jadwal pelaksanaan proyek dapat dilihat sebagai
berikut :
1. Minggu pertama
Menyiapkan gudang
2. Minggu kedua dan minggu ketiga
-
Renovasi bangunan gudang
-
Koordinasi
unit - unit
-
Membantu
mobilisasi peralatan
3. Minggu keempat
Penyediaan fasilitas
B.
Implementasi Bisnis
1.
Struktur Organisasi
Struktur formal organisasi merupakan
salah satu cara dalam mencapaikan kemampuan mengelola suatu usaha yang baik.
Dengan adanya struktur organisasi yang jelas akan memudahkan para anggota usaha
tersebut untuk mengetahui tugasnya secara jelas, serta jika terdapat persoalan
yang ingin dipecahkan penyelesaiannya lebih mudah untuk diselesaikan.
2.
Jumlah
karyawan yang dibutuhkan
-
Pimpinan
(1 Org)
-
HRD
(1 Org)
-
Part Time
1.
Teacher (4 Org)
-
Full Time
1.
Administrasi
dan keuangan (2 Org)
2.
Office
boy (1 Org)
C. Job
Description Masing-Masing Jabatan
Job description adalah mengenai tugas-tugas pokok dan
tanggung jawab yang diemban oleh masing-masing posisi atau jabatan dalam suatu
perusahaan yaitu meliputi:
a. Pimpinan
(Pemilik Badan Usaha)
·
Bertanggung jawab penuh terhadap jalannya usaha bimbel
·
Mengkordinasi, mengarahkan, mengontrol dan mengawasi seluruh kegiatan
(berupa penggajian, pelayanan dll)
·
Menjadi motivator terhadap kinerja karyawan
·
Berhak mengetahui semua alur dana dan memutuskan perkara keuangan
b. Bag. HRD/Personalia
·
mencari atau merekrut tenaga kerja yang handal, termasuk membuat iklan
lowongan pekerjaan, job interview dan penerimaan karyawan
·
Mengelola dan mengembangkan SDM
·
Melakukan evaluasi kerja dan mutasi karyawan
·
Membuat sistem HR yang efektif dan efisien (termaasuk membuat SOP, job
discription)
·
Menganalisa dan meberikan saran – saran menyangkut aspek legal
·
Bertanggung jawab atas pengurusan semua dokumen HRD dan GA
c. Bag. Administrasi dan keuagan
·
Membuat agenda surat masuk dan surat ke luar, buku tamu,
buku kas dan laporan keuangan serta arsip lainnya.
·
Bertanggung jawab kepada pimpinan atas pelaksanaan berbagai
kegiatan di Lembaga Bimbingan Belajar.
·
Mengelola keuangan untuk kebutuhan penggajian
·
Mencatat keluar masuknya keuangan serta wajib melaporkan dan mempertanggung
jawabkan keuangan kepada pimpinan dan karyawan lainnya setiap bulannya.
d. Teacher (Pengajar)
·
Melaksanakan semua tugas yang telah diberikan pimpinan
lembaga bimbingan belajar dengan loyalitas kerja yang tinggi.
·
Berhak mendapatkan penghargaan baik berupa gaji maupun
intensif atas usahanya yang bersungguh-sungguh memajukan lembaga bimbingan
belajar.
·
Bertanggung jawab atas kinerjanya kepada pimpinan lembaga
bimbingan belajar dan peserta didik.
e.
Security
·
Cek
keamanan area lembaga Bimbel.
·
Menjaga
keamanan dan ketertiban area parkiran
·
Menyalakan,
memadamkan dan mengcek listrik area lembaga bimbel saat sudah tak digunakan
lagi serta melakukan penggantian bila ada lampu yang rusak]
·
Membantu
menyalakan Genset jika terjadi pemadaman listrik PLN.
f.
Office Boy (OB)
·
Bertanggung
jawab penuh atas kebersihan lembaga bimbingan belajar
·
Menyediakan
minuman dan membelikan makanan untuk karyawan
·
Melayani
permintaan fotocopy dan faksimili
·
Mengirim
atau mengambil dokumen antar divisi/bagian
·
Rutin
membuang sampah yang ada di setiap divisi/bagian
D.
Bagan
Struktur Organisasi
|
-
|
E. Job
Spesification masing - masing jabatan
Adapun persyaratan
masing masing job adalah sebagai berikut :
JOB
|
HRD/Personalia
|
Administrasi & Keuangan
|
Teacher/Pengajar
|
Security
|
Office Boy (OB)
|
Pendidikan (Min)
|
S1
|
S1
|
S1
|
SMA/sederajat
|
SMA/sederajat
|
Usia
|
25
|
25
|
20
|
25
|
20
|
Jenis Kelamin
|
L/P
|
L/P
|
L/P
|
L
|
L/P
|
Pengalaman Kerja
|
1 tahun
|
1 tahun
|
1 tahun
|
1 tahun
|
-
|
a.
Sumber
rekrutmen
Sesuai job
spesification yang dicari harus sesuai dengan kriteria yang meliputi
pendidikan, usia, jenis kelamin,
pengalaman kerja.
b.
Seleksi
karyawan
Untuk tahap
seleksi, disyaratkan untuk memenuhi persyaratan diantara lain sebagai berikut :
-
Fotokopi
ijazah terakhir
-
Fotokopi
KTP
-
Fotokopi
SKCK
Kemudian tahap
selanjutnya ialah melalui seleksi wawancara
c.
Metode
training dan development
·
Menunjuk
salah satu karyawan yang berprestasi untuk mengikuti pelatihan serta seminar
guna mempelajari bagaimana caranya mengajar yang baik dan benar
·
Berusaha
mengembangkan dan menerapkan hasil dari pelatihan serta sistemnya seefektif
mungkin
d. Metode penilaian prestasi kerja
karyawan
Metode
yang digunakan yaitu dengan melihat hasil kerja karyawan, presentase kehadiran,
dan jumlah peserta didik yang mulai ada perkembangan dalam hal belajar
mengajar.
1.
Sistem
Penggajian
Sistem penggajian pada usaha Bimbel ini dilakukan sebulan
sekali kepada karyawan (Staff) dan teacher (pengajar) yaitu pada setiap awal
bulan.
Berikut adalah dafter gaji menurut job description masing – masing karyawan :
Bagian/Divisi
|
Biaya
Gaji per bulan
|
Pimpinan
1@3.000.000
|
Rp.
3.000.000
|
HRD/Personalia
1@2.500.000
|
Rp.
2.500.000
|
Administrasi
& Keuangan 2@2.500.000
|
RP.
5.000.000
|
Teacher/Pengajar
4@2.300.000
|
Rp.
9.200.000
|
Security
1@2.000.000
|
Rp.
2.000.000
|
Office
Boy (OB) 1@2.000.000
|
Rp.
2.000.000
|
Jumlah
|
Rp.
23.700.000
|
Bimbel Ceria ini memerlukan karyawan sejumlah 4 orang yang
terbagi dalam 2 shift, yaitu :
Shift pagi 2 org karyawan pengajar jam 8.00-10.00
Shift siang 2 org karyawan pengajar yaitu 13.00-19.00
Shif kerja untuk tenaga kerja pengajar berganti setiap
minggunya, seminggu pertama 2 org mngajar pagi dan 2 org mengajar siang dan
diminggu berikutnya dibalik kembali dan begitu seterusnya.
Aturan keselamatan dan kesehataan kerja:
Untuk menjaminnya, kami menyediakan peralatan – peralatan
baru dan terjamin saat digunakan sehingga tidak mencederai penggunanya.
Pemberhentian Karyawan, apabila:
1. Melakukan kesalahan fatal seperti
sering tidak turun kerja
2. Mengundurkan diri
3. Meninggal dunia
4. Melakukan tindakan kriminal
Bimbel Ceria ini buka selama satu minggu penuh yaitu dari
senin sampai sabtu.
2. Anggaran
Biaya Produksi
Perlengkapan
|
Biaya
|
Buku Modul :
-
SD 5 Modul@50.000
-
SMP 5
Modul@50.000
-
SMA 5
Modul@50.000
-
Buku soal try out dan soal PTN @100.000
|
Rp. 250.000
RP. 250.000
Rp. 250.000
RP. 100.000
Rp. 850.000
|
Spidol 10@3.500
|
Rp. 35.000
|
Tinta Spidol 4@4.000
|
Rp. 16.000
|
Kertas HVS 1rim@38.000
|
Rp. 38.000
|
Kertas Polio bergaris1rim@30.000
|
Rp. 30.000
|
Tinta Printer
|
Rp. 50.000
|
Bolpoint 12@2.500
|
RP. 30.000
|
Jumlah
|
Rp. 1.049.000
|
ANALISIS ASPEK FINANSIAL
“CERIA”
Dalam pembahasan aspek ini akan
diuraikan mengenai gambaran keadaan ekonomi dan keuangan perusahaan sebagai
pertimbangan untuk merealisasikan pembangunan usaha bimbel Ceria ini.
Kebutuhan Dana dan Sumbernya
1. Biaya tetap (Fixed Cost)
No
|
Keterangan
|
Harga
|
Jumlah
|
1.
|
Tanah
|
Rp.
15.000.000
|
|
2.
|
Bangunan
|
Rp.
10.000.000
|
|
|
Jumlah
|
|
Rp. 25.000.000
|
|
Peralatan
|
|
|
1.
|
Komputer 3@Rp. 2.500.000
|
Rp. 7.500.000
|
|
2.
|
Papan Tulis 3@Rp. 250.000
|
Rp. 750.000
|
|
3.
|
Projector 3@Rp. 1.000.000
|
Rp. 3.000.000
|
|
4.
|
Penghapus papan tulis 3@ Rp. 3.000
|
Rp. 9.000
|
|
5.
|
Kursi 75@ Rp. 25.000
|
Rp. 1.875.000
|
|
6.
|
Meja 39@ Rp. 30.000
|
Rp. 1.170.000
|
|
7.
|
AC 5@Rp.
3.000.000
|
Rp. 15.000.000
|
|
8.
|
Telepon 2@1.000.000
|
Rp. 2.000.000
|
|
9.
|
Printer 1@500.000
|
Rp. 500.000
|
|
|
Jumlah
|
|
RP. 31.804.000
|
|
Total Fixed Cost
|
|
Rp. 56.804.000
|
2. Biaya tidak tetap (Variable Cost)
Perlengkapan
|
Biaya
|
Buku Modul :
-
SD 5 Modul@50.000
-
SMP 5
Modul@50.000
-
SMA 5
Modul@50.000
-
Buku soal try out dan soal PTN @100.000
|
Rp. 250.000
RP. 250.000
Rp. 250.000
RP. 100.000
Rp. 850.000
|
Spidol 10@3.500
|
Rp. 35.000
|
Tinta Spidol 4@4.000
|
Rp. 16.000
|
Kertas HVS 1rim@38.000
|
Rp. 38.000
|
Kertas Polio bergaris1rim@30.000
|
Rp. 30.000
|
Tinta Printer
|
Rp. 50.000
|
Bolpoint 12@2.500
|
RP. 30.000
|
Jumlah
|
Rp.
1.049.000
|
Biaya Listrik, air, dan telepon
|
Rp. 600.000
|
Jumlah
|
Rp. 13.649.000
|
3. Sumber dana :
Sumber dana aktiva tetap :
Modal yang disetor pemilik Rp.
60.000.000
Pinjaman dari bank Rp.
–
Jumlah sumber dana Rp.
60.000.000
Laporan
arus kas periode januari 2016
Cash
in flow :
1. Operasional :
-
Pendapatan Rp. 72.000.000
2. Kegiatan pendanaa
-
Setoran modal pemilik Rp. 60.000.000
-
Pinjaman Rp. –
Total kas masuk Rp. 132.000.000
Cash Out Flow :
1. Kegiatan operasional
-
Pembelian perlengkapan Rp. 1.049.000
-
Gaji karyawan Rp. 23.700.000
-
Beban – beban (listrik, air, telp) Rp. 600.000
2. Kegiatan Investasi
-
Tanah Rp.
15.000.000
-
Gedung Rp.
10.000.000
-
Peralatan RP.
31.804.000
Total kas keluar (Rp.
82.153.000)
Saldo kas akhir Rp.
49.847.000
*keterangan pendapatan dari pembayaran bimbel peserta didik
untuk 1 bulan
Laporan Laba Rugi untuk periode januari 2016
Bimbel
Ceria
Laporan
Laba/Rugi januari 2016
Keterangan
:
Pendapatan Rp.
72.000.000
Beban
Perlengkapan (Rp.
1.049.000)
Beban
Gaji (Rp.
23.700.000)
Beban
listrik, air dan telp (Rp. 600.000)
Profit Rp.
46.651.000
Neraca
untuk periode januari 2016
BIMBEL
CERIA
Neraca
Januari
2016
AKTIVA
|
PASIVA
|
AKTIVA LANCAR :
Kas
Rp. 39.847.000
Perlengkapan Rp.
1.049.000
|
Hutang
-
Hutang gaji -
Pendapatan diterima dimuka Rp. 35.669.600
|
AKTIVA TETAP :
Tanah
Rp.15.000.000
Gedung Rp.
10.000.000
Akum. penyusutan gedung (Rp. 850.000)
Peralatan RP.
31.804.000
Akum. penyusutan peralatan (Rp. 1.180.400)
|
Modal :
Modal Pemilik Rp. 60.000.000
|
Total Aktiva Rp.95.669.600
|
Total Pasiva Rp. 95.669.600
|
Penilaian
kelayakan investasi dengan menggunakan metode payback periode
Total
investasi Rp.
60.000.000
Depresiasi
aktiva tetap (850.000 + 1.180.400) Rp.
2.030.400
Laba
setelah pajak Rp.
46.651.000
Maximum PP 3
tahun
Payback
Period = Total Investasi x 1 tahun
Net Cash in Flow
= Rp. 60.000.000 x 1 tahun
Rp. 48.681.400
= 1,23 tahun
Jadi
investasi layak pp hitung < maximum pp
ANALISIS ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
“CERIA”
Dampak Ekonomi
Dengan adanya pembangunan usaha bimbel Bina Kreasi ini maka dapat
membawa dampak positif hal ini dapat dilihat dari :
a. Kebutuhan manusia akan adanya ilmu pengetahuan
b. Memberikan kemudahan untuk memasuki dunia pendidikan
tingkat tinggi.
c. Memberikan wawasan yang luas untuk menghadapi persaingan
belajar.
Dampak Sosial
Dalam aspek sosial, dampak yang nyata
dari pelaksanaan investasi usaha jasa bimbel iniadalah sebagai berikut :
a. Perubahan Tingkat Pengetahuan
Dengan adanya pendirian usaha jasa bimbel ini perubahan tingkat
pengetahuan akan dirasakan oleh konsumen yaitu bertambahnya pengetahuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar