Senin, 13 Juni 2016

Bimbingan Belajar



Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Dr. Indah Martati, SE., MM




Bimbingan Belajar
CERIA
(CERdas Itu sAya)


Disusun oleh :
Salmi                   13652018




Jurusan Administrasi Bisnis
Program Studi S1 Terapan Manajemen Pemasaran
Politeknik Negeri Samarinda
2016
ANALISIS ASPEK PASAR
“CERIA”

Proyek ini merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang pendidikan dalam bentuk lembaga bimbingan belajar (Bimbel) dan kami beri nama “CERIA” atau “Cerdas Itu Saya”. Bimbingan belajar ini dibuka untuk para pelajar SD, SMP dan di peruntukkan pula bagi pelajar SMA yang hendak menghadapi UAN (Ujian akhir Nasional) serta bagi pelajar SMA yang juga ingin memasuki ujian seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dalam bimbingan belajar ini pelajar mendapatkan modul yang telah disediakan, selain itu bimbingan belajar ini juga memberikan fasilitas yang membuat para pelajar nyaman selama kegiatan belajar mengajar berlangsung yaitu kami  memberikan sedikit permainan ditengah – tengah pelajaran jika para pelajar  telah merasakan  bosan. Tenaga pengajar yang disediakan juga masih berusia muda dan bersertifikat sebagai tenaga pengajar profesional, hal ini dilakukan agar para pelajar dengan pengajar dapat mengakrabkan diri dengan mudah dan tanpa ada rasa sungkan, karena kami ingin menjadikan tempat bimbingan belajar ini layaknya rumah bagi para pelajar.
Adapun program yang ditawarkan adalah:
No
MATA PELAJARAN

SD
SMP
SMA

Kelas 1- 6
Kelas 1-3
Kelas 1-3
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.




Matematika
IPA
IPS
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Matematika
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
IPA
IPS
Matematika
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
IPA
IPS
Pembahasan soal soal Try Out (kelas 3)
Pelatihan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) (kelas 3)
Biaya
Rp. 1.000.000/bulan
Rp 1.000.000/bulan
Rp. 1.000.000/bulan*

·         Khusus kelas 3 untuk pembahasan soal Try Out dan Ujian PTN dikenakan biaya tambahan Rp 200.000 jadi 1 paket (MTK, IPA, IPS, Bhs. Indonesia dan bhs. Inggris) + pembahasan soal Try Out dan Ujian PTN adalah sebesar Rp 1.200.000,-
·         Biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000 untuk SD, SMP, SMA

Kami memilih sebuah gedung sebagai lokasi proyek, gedung ini milik pribadi yaitu di jalan cipto mangunkusomo kelurahan Harapan baru kecamatan Loa janan ilir yang berdekatan dengan jalan raya. Karena menurut kami, gedung tersebut adalah tempat strategis yang banyak di lalui oleh masyarakat terutama daerah ruko ini dekat dengan minimarket, serta sekolah.

Jadwal Bimbingan Belajar
SD       : Pagi 8.30-10.00
              Siang 13.30-14.30
SMP    : Siang 14.30-17.30
SMA   : Siang 14.30-19.00

Pertemuan dilaksnakan secara seminggu penuh dengan pembayaran sistem per bulan.

A.    BESAR LUAS PASAR
Berdasakan data sekunder yang kami dapat dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Samarinda bahwa jumlah siswa/i yang bersekolah di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK  untuk wilayah kota samarinda yaitu sekitar 146.814 jiwa. Kami memilih lokasi di jalan Cipto Mangunkusumo kelurahan Harapan baru kecamatan Loa janan ilir Kota Samarinda dan kami berasumsi bahwa sebagian siswa/i yang berada di kecamatan tersebut adalah sekitar 13.344 jiwa. Berikut adalah rincian data:
Rincian data jumlah Siswa/i seluruh Kota Samarinda :
Tingkat Sekolah
Jumlah Siswa/i
SD/MI
89.708 jiwa
SMP/MTs
35.108 jiwa
SMA/MA/SMK
21.998 jiwa
Jumlah
146.814 jiwa
            Sumber data : Dapodik Disdik Prov. Kaltim juni 2014

        Rincian data jumlah Siswa/i untuk kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda
Tingkat Sekolah
Jumlah Siswa/i
SD/MI
5.202 jiwa
SMP/MTs
3.622 jiwa
SMA/MA/SMK
4.520 jiwa
Jumlah
13.344 jiwa
            Sumber data : referensi data kemdikbud kec. Loa Janan Ilir
        Luas pasar kami adalah semua gender baik siswa laki laki maupun perempuan yang berjumlah 13.344 jiwa dari total keseluruhan siswa/i di kota samarinda yang sebanyak 146.814 jiwa
      Kemudian data sekunder berupa jumlah sekolah yang ada di kota samarinda yang kami dapat dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Samarinda adalah sebagai berikut :
Tingkat Sekolah
Jumlah sekolah
SD/MI
246
SMP/MTs
113
SMA/MA/SMK
103
Jumlah
462
            Sumber data : Kab/Kota hasil Verifikasi Dapodik 16-18 Mei 2014
B.     PERSAINGAN ANTAR PRODUSEN
Persaingan antar produsen dapat terjadi bilamana produsen bersaing untuk mendapatkan konsumen sebanyak – banyaknya, menawarkan produk dengan harga yang rendah dan kualitas yang baik daripada pesaingnya maka ia akan berpeluang lebih besar mendapatkan konsumen lebih banyak. Dalam prakteknya tidak hanya factor harga dan kualitas saja yang bersaing melainkan juga dari segi promosi, kemasan produk dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen.
Persaingan juga muncul pada para produsen yang memiliki jenis usaha yang sama atau sejenis dan memiliki target market yang sama, yang juga sudah berdiri lebih dahulu dan dikenal oleh Konsumen. Dalam hal ini kami menyadari bahwa untuk menjadi market leader di dalam usaha bimbingan belajar maka kami harus menerapkan strategi yang berbeda dari para pesaing kami yang memiliki usaha sejenis yaitu dengan menerapkan suasana kelas yang kondusif, kekeluargaan, menyiapkan tenaga kerja yang professional di bidangnya yang berusia muda agar hubungan pelajar dan pengajar tidak ada jarak yang menjadikan pelajar sungkan untuk bertanya tentang pelajaran yang disampaikan serta memberikan harga bersaing sesuai dengan kualitas jasa yang kami berikan.


ANALISIS ASPEK TEKNIK PELAYANAN
“CERIA”

Perencanaan letak jasa bimbel Ceria ini adalah di ruko yang berukuran cukup luas memiliki 2 lantai. Dan mempunyai 3 ruang belajar yaitu 1 ruang kelas untuk tingkat pelajar SD, 1 ruang kelas untuk tingkat pelajar SMP, dan 1 ruang kelas untuk tingkat pelajar SMA, 1 ruangan pengajar, 1 ruangan Pimpinan. 1 ruangan admin dan keuangan, dan 1 ruangan HRD. setiap kelasnya mampu menampung hingga 24 siswa, maka keseluruhan kelas dapat menampung 72 siswa.  Dalam usaha ini kami tidak menyediakan fasilitas yang mewah, tetapi kami menyediakan pengajaran yang berkualitas. Dalam pelaksanaannya, kegiatan bimbingan belajar ini akan mendekatkan antara pelajar dengan pengajarnya. Agar terjalin komunikasi yang baik dan keharmonisan. Ada beberapa hal kunci sukses kami dalam menjaga keloyalitasan customer, yaitu;
1.      Konsisten dalam melayani siswa.
2.      Kemampuan dan keterampilan petugas serta keramahan dan kepercayaan.
3.      Kesigapan dalam menyelesaikan masalah.
4.      Suasana belajar yang nyaman dan tidak membosankan.
5.      Mudah dimengerti, mudah dipahami, dan pemahaman terhadap keinginan konsumen.

Dengan menempatkan tenaga pengajar yang professional, diharapkan dapat memberikan materi yang menunjang kemampuan siswa didik.

Dengan menerapkan penilaian pada dimensi – dimensi kualitas tersebut di atas, maka diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya:
1.      Hubungan antara perusahaan dan para pelanggannya menjadi harmonis.
2.      Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan.
3.      Membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan.
4.      Image perusahaan menjadi baik di mata pelanggan.
5.      Laba yang diperoleh dapat meningkat.

STRATEGI YANG DI TERAPKAN SERTA RENCANA KUALITAS
·         Kualitas dari jasa ini dapat menjadikan anak-anak yang cerdas, serta berprestasi, dan mempunyai daya saing yang unggul.
·         Mengenali karakteristik serta kemampuan peserta didik
·         Menentukan metode yang sesuai bagi peserta didik
·         Melaksanakan tes secara berkala
·         Analisis perkembangan siswa setiap minggunya
·         Mengevaluasi dengan meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran

TEKNOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN BESERTA FUNGSINYA
a)      Laptop dan projector (LCD)   : sebagai media pembelajaran
b)      Telepon                                   : sebagai sarana komunikasi
c)      AC                                          : sebagai penyejuk ruangan kelas
d)     Papan tulis                               : sebagai media pembelajaran
e)      Sound system                          : sebagai media pembelajaran

PERENCANAAN KAPASITAS OPTIMAL
Dalam proses produksi pengawasan dilakukan melalui :
·         Pengawasan Karyawan
Pengawasan terhadap karyawan penting dilakukan untuk mengetahui keseriusan karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya dan melalui proses pengawasan dapat dilihat perkembangan produktivitas kerja mereka.


ANALISIS ASPEK YUDIRIS
“CERIA”

Aspek yudiris ini berguna sebagai bukti bahwa usaha yang kami jalankan memiliki dasar hukum yang jelas dan dengan hal ini kami juga dapat dengan mudah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi karena legal keberadaannya. Untuk tahap pertama kami membuat ijin dengan melapor kepada ketua RT setempat  untuk mengurus Surat Ijin Gangguan Lingkungan, setelah surat ijin gangguan lingkungan selesai, maka dengan pertimbangan efektif, efisiensi, dan tepat guna maka kami menggunakan jasa notaris untuk melegalkan usaha kami yang meliputi pengurusan NPWP, TDP, SIUP, menyiapkan fotocopy sertifikat tanah dan IMB, fotocopy PBB terakhir dan fotocopy KTP pemohon.

ANALISIS ASPEK PEMASARAN
“CERIA”

SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING
Segmentation  : Siswa (Perempuan maupun Laki – laki) yang bersekolah
Targetting        : Siswa (SD, SMP, SMA)
Positioning      : Jasa saya memiliki keunggulan posisi di pasar karena memiliki perbedaan dengan  produk lainnya. Selain belum ada yang mendirikan di daerah tersebut tetapi juga pelajaran yang dikeluarkan oleh bimbel ini sangat lengkap.

ANALISIS PERSAINGAN
Identifikasi Pesaing:
-          Belum ada pesaing untuk jenis usaha bimbel di daerah tersebut.
Strategi Pesaing:
-          memberikan brosur pada anak - anak sekolah, melakukan kunjungan, serta dilakukannya training - training.
KEUNGGULAN KOMPETITIF (POSITIONING)
Sesuai dengan target pasar kami,yaitu siswa maupun siswi SD, SMP dan SMA, kami mengutamakan keahlian tenaga pengajar, kenyamanan tempat usaha, keramahan karyawan, consumer relationship yang baik (mengerti apa yang diinginkan konsumen) dengan harga yang pantas bagi kalangan menengah ke atas maupun kalangan menegah ke bawah yang tidak membuat mereka keberatan dengan biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan kualitas usaha kami baik dari segi pelayanan maupun produk kami.
LOYALITAS PELANGGAN
Usaha bimbel merupakan bentuk usaha yang cukup sulit untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya. Hal ini disebabkan adanya kemungkinan pelanggan yang mudah bosan dengan cara belajar. Oleh karena itu, kami menawarkan kepada peserta bimbel simulasi ujian masuk PTN bagi semua siswa SMA secara gratis dan akan ada door prize bagi siswa yang beruntung di terima masuk Perguruan Tinggi favorite maupun yang berhasil mendapatkan peringkat 1 di sekolah. Dengan adanya door prize di harapkan makin banyak siswa yang termotivasi dan ingin terus bersaing dalam hal prestasi.
SIKAP, PERILAKU, dan KEPUASAN KONSUMEN
Sikap, perilaku, dan kepuasan konsumen lebih dipengaruhi oleh layanan, price list bimbel, fasilitas dan staff pengajarnya. Oleh karena itu, saya selaku pelaku usaha harus memperhatikan unsur - unsur yang mempengaruhi kepuasan konsumen tersebut agar konsumen bisa menjadi pelanggan tetap.

Manajemen Pemasaran
Dalam manajemen pemasaran kita harus menerapkan marketing mix terhadap usaha yang kita jalankan. Penerapan marketing mix itu antara lain:
1.      Staff pengajar yang mengajar harus berkualitas.
2.      Harga yang ditawarkan terhadap para customer harus terjangkau oleh semua kalangan yang ada di wilayah sekitar tersebut.
3.      Memberikan diskon apabila membayar bimbel dengan cara cash di awal ketika sebelum masuk.yakni 5%.
4.      Kami akan mengedarkan brosurt untuk mempromosikan jasa bimbel ini.



ANALISIS ASPEK MANAJEMEN DAN SDM
“CERIA”
A.    Pembangunan Proyek
Jadwal pembangunan usaha bimbel Bina Kreasi ini dilakukan oleh pemilik usaha.
Untuk jadwal pelaksanaan proyek dapat dilihat sebagai berikut :
1.      Minggu pertama
Menyiapkan gudang
2.      Minggu kedua dan minggu ketiga
-          Renovasi bangunan gudang
-          Koordinasi unit - unit
-          Membantu mobilisasi peralatan
3.      Minggu keempat
Penyediaan fasilitas

B.     Implementasi Bisnis

1.       Struktur Organisasi
Struktur formal organisasi merupakan salah satu cara dalam mencapaikan kemampuan mengelola suatu usaha yang baik. Dengan adanya struktur organisasi yang jelas akan memudahkan para anggota usaha tersebut untuk mengetahui tugasnya secara jelas, serta jika terdapat persoalan yang ingin dipecahkan penyelesaiannya lebih mudah untuk diselesaikan.

2.         Jumlah karyawan yang dibutuhkan
-          Pimpinan (1 Org)
-          HRD (1 Org)
-          Part Time
1.    Teacher (4 Org)
-          Full Time
1.      Administrasi dan keuangan (2 Org)
2.      Office boy (1 Org)

C.    Job Description Masing-Masing Jabatan
Job description adalah mengenai tugas-tugas pokok dan tanggung jawab yang diemban oleh masing-masing posisi atau jabatan dalam suatu perusahaan yaitu meliputi:
a.      Pimpinan (Pemilik Badan Usaha)
·         Bertanggung jawab penuh terhadap jalannya usaha bimbel
·         Mengkordinasi, mengarahkan, mengontrol dan mengawasi seluruh kegiatan (berupa penggajian, pelayanan dll)
·         Menjadi motivator terhadap kinerja karyawan
·         Berhak mengetahui semua alur dana dan memutuskan perkara keuangan

b.      Bag. HRD/Personalia
·         mencari atau merekrut tenaga kerja yang handal, termasuk membuat iklan lowongan pekerjaan, job interview dan penerimaan karyawan
·         Mengelola dan mengembangkan SDM
·         Melakukan evaluasi kerja dan mutasi karyawan
·         Membuat sistem HR yang efektif dan efisien (termaasuk membuat SOP, job discription)
·         Menganalisa dan meberikan saran – saran menyangkut aspek legal
·         Bertanggung jawab atas pengurusan semua dokumen HRD dan GA
c.       Bag. Administrasi dan keuagan
·         Membuat agenda surat masuk dan surat ke luar, buku tamu, buku kas dan laporan keuangan serta arsip lainnya.
·         Bertanggung jawab kepada pimpinan atas pelaksanaan berbagai kegiatan di Lembaga Bimbingan Belajar.
·         Mengelola keuangan untuk kebutuhan penggajian
·         Mencatat keluar masuknya keuangan serta wajib melaporkan dan mempertanggung jawabkan keuangan kepada pimpinan dan karyawan lainnya setiap bulannya.
d.      Teacher (Pengajar)
·         Melaksanakan semua tugas yang telah diberikan pimpinan lembaga bimbingan belajar dengan loyalitas kerja yang tinggi.
·         Berhak mendapatkan penghargaan baik berupa gaji maupun intensif atas usahanya yang bersungguh-sungguh memajukan lembaga bimbingan belajar.
·         Bertanggung jawab atas kinerjanya kepada pimpinan lembaga bimbingan belajar dan peserta didik.
e.       Security
·         Cek keamanan area lembaga Bimbel.
·         Menjaga keamanan dan ketertiban area parkiran
·         Menyalakan, memadamkan dan mengcek listrik area lembaga bimbel saat sudah tak digunakan lagi serta melakukan penggantian bila ada lampu yang rusak]
·         Membantu menyalakan Genset jika terjadi pemadaman listrik PLN.
f.       Office Boy (OB)
·         Bertanggung jawab penuh atas kebersihan lembaga bimbingan belajar
·         Menyediakan minuman dan membelikan makanan untuk karyawan
·         Melayani permintaan fotocopy dan faksimili
·         Mengirim atau mengambil dokumen antar divisi/bagian
·         Rutin membuang sampah yang ada di setiap divisi/bagian


D.    Bagan Struktur Organisasi 










 








                                                                                                                   

 




-


                                                                                                                                    


 
E.     Job Spesification masing - masing jabatan

Adapun persyaratan masing masing job adalah sebagai berikut :

JOB
HRD/Personalia
Administrasi & Keuangan
Teacher/Pengajar
Security
Office Boy (OB)
Pendidikan (Min)
S1
S1
S1
SMA/sederajat
SMA/sederajat
Usia
25
25
20
25
20
Jenis Kelamin
L/P
L/P
L/P
L
L/P
Pengalaman Kerja
1 tahun
1 tahun
1 tahun
1 tahun
-


a.       Sumber rekrutmen
Sesuai job spesification yang dicari harus sesuai dengan kriteria yang meliputi pendidikan, usia,  jenis kelamin, pengalaman kerja.
b.      Seleksi karyawan
Untuk tahap seleksi, disyaratkan untuk memenuhi persyaratan diantara lain sebagai berikut :
-          Fotokopi ijazah terakhir
-          Fotokopi KTP
-          Fotokopi SKCK
Kemudian tahap selanjutnya ialah melalui seleksi wawancara
c.       Metode training dan development
·         Menunjuk salah satu karyawan yang berprestasi untuk mengikuti pelatihan serta seminar guna mempelajari bagaimana caranya mengajar yang baik dan benar
·         Berusaha mengembangkan dan menerapkan hasil dari pelatihan serta sistemnya seefektif mungkin
d.      Metode penilaian prestasi kerja karyawan
Metode yang digunakan yaitu dengan melihat hasil kerja karyawan, presentase kehadiran, dan jumlah peserta didik yang mulai ada perkembangan dalam hal belajar mengajar.

1.      Sistem Penggajian
Sistem penggajian pada usaha Bimbel ini dilakukan sebulan sekali kepada karyawan (Staff) dan teacher (pengajar) yaitu pada setiap awal bulan.
Berikut adalah dafter gaji menurut  job description masing – masing karyawan :


Bagian/Divisi
Biaya Gaji per bulan
Pimpinan 1@3.000.000
Rp. 3.000.000
HRD/Personalia 1@2.500.000
Rp. 2.500.000
Administrasi & Keuangan 2@2.500.000
RP. 5.000.000
Teacher/Pengajar 4@2.300.000
Rp. 9.200.000
Security 1@2.000.000
Rp. 2.000.000
Office Boy (OB) 1@2.000.000
Rp. 2.000.000
Jumlah
Rp. 23.700.000

Bimbel Ceria ini memerlukan karyawan sejumlah 4 orang yang terbagi dalam 2 shift, yaitu :
Shift pagi 2 org karyawan pengajar jam 8.00-10.00
Shift siang 2 org karyawan pengajar yaitu 13.00-19.00
Shif kerja untuk tenaga kerja pengajar berganti setiap minggunya, seminggu pertama 2 org mngajar pagi dan 2 org mengajar siang dan diminggu berikutnya dibalik kembali dan begitu seterusnya.

Aturan keselamatan dan kesehataan kerja:
Untuk menjaminnya, kami menyediakan peralatan – peralatan baru dan terjamin saat digunakan sehingga tidak mencederai penggunanya.

Pemberhentian Karyawan, apabila:
1.      Melakukan kesalahan fatal seperti sering tidak turun kerja
2.      Mengundurkan diri
3.      Meninggal dunia
4.      Melakukan tindakan kriminal
Bimbel Ceria ini buka selama satu minggu penuh yaitu dari senin sampai sabtu.

2.      Anggaran Biaya Produksi
Perlengkapan
Biaya
Buku Modul :
-          SD        5 Modul@50.000
-          SMP      5 Modul@50.000
-          SMA     5 Modul@50.000
-          Buku soal try out dan soal PTN @100.000



Rp. 250.000
RP. 250.000
Rp. 250.000
RP. 100.000
  
                      Rp. 850.000
Spidol 10@3.500
Rp. 35.000
Tinta Spidol  4@4.000
Rp. 16.000
Kertas HVS  1rim@38.000
Rp. 38.000
Kertas Polio bergaris1rim@30.000
Rp. 30.000
Tinta Printer
Rp. 50.000
Bolpoint 12@2.500
RP. 30.000
Jumlah
Rp. 1.049.000
ANALISIS ASPEK FINANSIAL
“CERIA”

Dalam pembahasan aspek ini akan diuraikan mengenai gambaran keadaan ekonomi dan keuangan perusahaan sebagai pertimbangan untuk merealisasikan pembangunan usaha bimbel Ceria ini.
Kebutuhan Dana dan Sumbernya
1.      Biaya tetap (Fixed Cost)
No
Keterangan
Harga
Jumlah
1.
Tanah
Rp. 15.000.000

2.
Bangunan
Rp. 10.000.000


Jumlah

Rp. 25.000.000

Peralatan


1.
Komputer 3@Rp. 2.500.000
Rp. 7.500.000

2.
Papan Tulis 3@Rp. 250.000
Rp. 750.000

3.
Projector 3@Rp. 1.000.000
Rp. 3.000.000

4.
Penghapus papan tulis 3@ Rp. 3.000
Rp. 9.000

5.
Kursi 75@ Rp. 25.000
Rp. 1.875.000

6.
Meja 39@ Rp. 30.000
Rp. 1.170.000

7.
AC    5@Rp. 3.000.000
Rp. 15.000.000

8.
Telepon 2@1.000.000
Rp. 2.000.000

9.
Printer 1@500.000
Rp. 500.000


Jumlah

RP. 31.804.000

Total Fixed Cost

Rp. 56.804.000

2.      Biaya tidak tetap (Variable Cost)
Perlengkapan
Biaya
Buku Modul :
-          SD        5 Modul@50.000
-          SMP      5 Modul@50.000
-          SMA     5 Modul@50.000
-          Buku soal try out dan soal PTN @100.000



Rp. 250.000
RP. 250.000
Rp. 250.000
RP. 100.000
  
                      Rp. 850.000
Spidol 10@3.500
Rp. 35.000
Tinta Spidol  4@4.000
Rp. 16.000
Kertas HVS  1rim@38.000
Rp. 38.000
Kertas Polio bergaris1rim@30.000
Rp. 30.000
Tinta Printer
Rp. 50.000
Bolpoint 12@2.500
RP. 30.000
Jumlah
Rp. 1.049.000
Biaya Listrik, air, dan telepon
Rp. 600.000
Jumlah
Rp. 13.649.000

3.      Sumber dana :
Sumber dana aktiva tetap :
Modal yang disetor pemilik                Rp. 60.000.000
Pinjaman dari bank                             Rp. –
Jumlah sumber dana                            Rp. 60.000.000

Laporan arus kas periode januari 2016
Cash in flow :
1.      Operasional :
-          Pendapatan                                         Rp. 72.000.000
2.      Kegiatan pendanaa
-          Setoran modal pemilik                        Rp. 60.000.000
-          Pinjaman                                             Rp. –
Total kas masuk                                                                                  Rp. 132.000.000
Cash Out Flow :
1.      Kegiatan operasional
-          Pembelian perlengkapan                     Rp. 1.049.000
-          Gaji karyawan                                     Rp. 23.700.000
-          Beban – beban (listrik, air, telp)          Rp. 600.000
2.      Kegiatan Investasi
-          Tanah                                                  Rp. 15.000.000
-          Gedung                                               Rp. 10.000.000
-          Peralatan                                             RP. 31.804.000
Total kas keluar                                                                                   (Rp. 82.153.000)
Saldo kas akhir                                                                                    Rp. 49.847.000
*keterangan pendapatan dari pembayaran bimbel peserta didik untuk 1 bulan

Laporan Laba Rugi untuk periode januari 2016
Bimbel Ceria
Laporan Laba/Rugi januari 2016
  Keterangan :
  Pendapatan                                         Rp. 72.000.000
  Beban Perlengkapan                           (Rp. 1.049.000)
  Beban Gaji                                          (Rp. 23.700.000)
  Beban listrik, air dan telp                    (Rp. 600.000)
  Profit                                                   Rp. 46.651.000

           
Neraca untuk periode januari 2016
BIMBEL CERIA
Neraca
Januari 2016

AKTIVA
PASIVA
AKTIVA LANCAR :
Kas                                            Rp. 39.847.000
Perlengkapan                             Rp. 1.049.000
Hutang                                                   -
Hutang gaji                                            -
Pendapatan diterima dimuka    Rp. 35.669.600
AKTIVA TETAP :
Tanah                                         Rp.15.000.000
Gedung                                      Rp. 10.000.000
Akum. penyusutan gedung       (Rp. 850.000)
Peralatan                                    RP. 31.804.000
Akum. penyusutan peralatan    (Rp. 1.180.400)


Modal :
Modal Pemilik                          Rp. 60.000.000
Total Aktiva                                Rp.95.669.600
Total Pasiva                            Rp. 95.669.600

Penilaian kelayakan investasi dengan menggunakan metode payback periode
Total investasi                                                             Rp. 60.000.000
Depresiasi aktiva tetap (850.000 + 1.180.400)           Rp. 2.030.400
Laba setelah pajak                                                       Rp. 46.651.000
Maximum PP                                                              3 tahun

Payback Period = Total Investasi x 1 tahun
                             Net Cash in Flow
                           = Rp. 60.000.000 x 1 tahun
                             Rp. 48.681.400
                          = 1,23 tahun
Jadi investasi layak pp hitung < maximum pp


ANALISIS ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
“CERIA”

Dampak Ekonomi
Dengan adanya pembangunan usaha bimbel Bina Kreasi ini maka dapat membawa dampak positif hal ini dapat dilihat dari :
a. Kebutuhan manusia akan adanya ilmu pengetahuan
b. Memberikan kemudahan untuk memasuki dunia pendidikan tingkat tinggi.
c. Memberikan wawasan yang luas untuk menghadapi persaingan belajar.

Dampak Sosial
Dalam aspek sosial, dampak yang nyata dari pelaksanaan investasi usaha jasa bimbel iniadalah sebagai berikut :
a. Perubahan Tingkat Pengetahuan
Dengan adanya pendirian usaha jasa bimbel ini perubahan tingkat pengetahuan akan dirasakan oleh konsumen yaitu bertambahnya pengetahuan.


                                                                                                                       




Tidak ada komentar:

Posting Komentar